Keberagaman Komunikasi

              Assalamu'alaikum wr.wb
Diblog kali ini saya akan menjelaskan tentang komunkasi data.Dan menjelaskan tentang pengertian,macam-macam dan contoh yang ada di komunikasi audio,audio-video,video,dan data.

1. Komunikasi audio
    komunikasi audio adalah suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran     dan merupakan komunikasi verbal yang diucapkan, maka prinsip penggunaan bahasa sama dengan     prinsip-prinsip komunikasi audio. Contoh : telepon, radio dan tape recorder.

 Macam-macam perangkat audio:
      1. Audio CODEC
               : melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwidth Ø Audio Controller
   : melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker             terhadap mikropon seperti suara mencuit, echo dan lain-lain.
2. Mikropon & Speaker : merupakan perangkat input/output dalam sistem audio 

Contoh komunikasi audio :
   1. Telepon


Telepon, adalah media komunikasi audio yang digunakan dalam komunikasi antar personal yang banyak digunakan dalam lingkup kantor.

     2. Radio
 
         Sistem Radio (Gelombang Analog Audio) satu arah dengan jarak jauh, pada sistem ini bentuk           data berupa suara. 

     3. Tape recorder
             


       Sistem tape recorder (Gelombang Analog Audio) satu arah dengan jarak jauh, pada sistem ini
     bentuk data berupa suara. 

  Macam-Macam Audio
    1.Audio visual Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya                 digunakan untuk presentasi, home theater, dan sebagainya.
   2. Audio Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui               Internet. 
2.Komunikasi Video
     
   Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi teknik, saintifik, produksi dan keamanan. 

Perangkat komunikasi video:
Ø  Video CODEC
      : melakukan fungsi kompresi sinyal video untuk penghematan bandwidth 
Ø Video Controller
: melakukan kontrol seleksi (memilih) kamera yang ditayangkan.

Ø  Camera & monitor : merupakan perangkat input/output dalam sistem video. 

  Macam-macam komunikasi video
   1. Video IP Adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat                   mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format         radio analog.
   2. Videotex Istilah yang dibuat ITU untuk menjelaskan peralatan TV yang digunakan untuk                   menampilkan data berbasis komputer, baik dikirimkan lewat telepon atau lewat kanal pemancar. 
   3. Video Out Fitur pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada         televisi atau monitor dan menampilkan citra digital di layar video. 
   4.  Video RAM Disingkat dengan VRAM. Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses               direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan         chips DRAM yang konvensional. 

3.Komunikasi audio-video



         sebuah komunikasi audio video adalah harus dapat dilihat sekaligus didengar jadi untuk                   mengakses informasi yang disampaikan, digunakan indra penglihatan dan pendengaran.


   Contoh komunikasi Audio Video
Ø  Film 
Film atau gambar hidup merupakan gambar-gambar dalam frame dimana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu hidup.
Ø  Televisi (TV)
               Televisi adalah sistem elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup                           bersama suara melalui kabel dan ruang. 
4. Komunikasi Data
      Komunikasi data adalah Transmisi data elektronik melalui beberapa media (Electronic Data     Interchange). Media tersebut dapat berupa media kabel ataupun wireless. Sistem yang                       memungkinkan terjadinya transmisi data disebut Jaringan Komunikasi Data. 

       Model komunikasi  data :
       1. Simpleks( satu arah)


t       2.Hall Duplex ( dua arah bergantian)
           

2      3. Full Duplex ( dua arah bisa bersamaan )

  Komponen Komunikasi Data
 1.Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data, berupa komputer, alat lainnya seperti                        handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis.
2.Penerima, adalah piranti yang menerima data, juga bisa berupa komputer, alat lainnya seperti             handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis.
3.Pesan / Data, adalah informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka, gambar,         suara, video, atau kombinasi dari semuanya.
4.Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bias               berupa kabel, cahaya maupun gelombang magnetik. 
Elemen Sistem Komunikasi Data
1.Source (sumber : Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, contoh : PC                 (Personal Computer)
2.Transmitter (Pengirim) : Data yang dibangkitkan dari sistem sumber tidak ditransmisikan secara          langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmitter menyalurkan, mengkonversi dan menandai        informasi sehingga dapat ditransmisikan melewati sistem transmisi. Contoh : modem.
3. Transmission System  (Sistem Transmisi) : Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission            line) atau jaringan kompleks (complex network) yang menghubungkan antara sumber dengan              destination (tujuan)
4.Receiver (Penerima) : Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya         kedalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan. 



 Media Pengiriman data
1. Media yang terpandu
2.Kabel Twisted Pair: Kabel berpasangan, ada yang pasangan tunggal dan banyak pasangan.
3.Kabel Coaxial: Kabel yang terdiri dari 2 konduktor: 1 konduktoor didalam, 1 konduktor diluar
   melingkupi yang di dalam. Kedua dipisahkan oleh isolator, dan terbungkus karet pembungkus.]
4.Optical fiber: Kabel yang terbuat dari kaca yang menyalurkan cahaya sebagai pembawa sinyal.
5.Media yang tidak terpandu
      6. Wireless: Media pengiriman data menggunakan medium udara.









Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengkonfigurasi FTP pada Windows Server 2012