Proses Komunikasi Data dalam Jaringan

Assalamu'alaikum wr..wb
 Di blok saya kali ini,saya akan mengerjakan tugas tentang proses komunikasi data dalam jaringan.

1. Jaringan Komputer


   Jaringan Komputer adalah suatu bentuk aturan dan metode yang menghubungkan (interkoneksi)          berbagai macam device komputasi (sering disebut juga end node) sehingga dapat berkomunikasi        satu sama lain.

2. Jaringan berdasarkan wilayah/area

     Berdasarkan area kerja dan letak geografis jaringan komputer dibedakan menjadi tiga yaitu:                 LAN, MAN, WAN.

       1)  Local Area Network (LAN)

            

                               


          merupakan Jaringan privat sebuah perusahaan yang terbatas hanya dalam area perusaha                    organisasi tersebut saja. Areanya sekitar 100 M. Kebanyakan jaringan LAN sekarang                      mengadopsi teknologi IEEE 802.3. Standar kecepatan transfer data yang                                                digunakan mulai dari 10 Mbps, 100 Mpbs, dan 1 Gbps.

       2)  Metropolitan Area Network (MAN)

                           pengertian jaringan MAN

            
            pada dasarnya adalah Gabungan dari beberapa jaringan LAN dan ruang lingkupnya berada                  dalam satu lokasi / kota. Areanya bisa mencapai jarak 50 KM.


       3) Wide Area Network (WAN)

                   Hasil gambar untuk wan



                              
           merupakan jaringan komputer yang mencakup daerah geografis yang luas,                                         seringkali menghubungkan semua komputer atau device kedalam jaringan.


3. Jaringan Berdasarkan fungsinya

       1). Jaringan Client-Server

             Hasil gambar untuk client server
             

                

            Jaringan Client-server merupakan jaringan komputer yang didalamnya terdapat satu atau                     lebih komputer yang bertindak sebagai server dan menyediakan layanan ke setiap komputer                 client yang terhubung ke dalam jaringan tersebut. 

       2). Jaringan peer to peer

                   Hasil gambar untuk peer to peer

                  
             
                  Jaringan Peer to peer memungkinkan kita menghubungkan satu komputer dengan komputer                yang lain tanpa perantara seperti switch.

4.Jaringan Berdasarkan distribusi sumber informasi/data

       1). Jaringan Terpusat, merupakan jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server        dimana client mengakses sumber informasi/data berupa file atau database yang berasal dari            satu komputer server.
       2). Jaringan terdistribusi, merupakan penggabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga              terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan client membentuk                  sebuah sistem di dalam jaringan tersebut. 

5. Jaringan berdasarkan media transmisi

      1). Jaringan kabel (Wired network), merupakan jaringan komputer yang media transmisinya             berupa kabel yang menghubungkan semua komputer atau device kedalam jaringan.
     2).Jaringan Nirkabel (Wireless network), merupakan jaringan komputer yang media transmisinya      berupa gelombang sebagai pengganti media transmisi kabel untuk menghubungkan komputer /       device kedalam jaringan. 

6. Kategori Jariingan Komunikasi Berdasarkan arsitektur dan teknik dalam transfor data
      1). Switched Networks, yaitu; 
            -Circuitswitched networks, Proses komunikasi menggunakan model                                                 penyambungan secara terus menerus atau hubungan tetap (dedicated communications),                 contohnya komunikasi telepon.  
            -Packet-switched networks:Proses komunikasi menggunakan model penyambungan secara              terus menerus atau hubungan tetap (dedicated communications), contohnya komunikasi                 telepon.  
          
      2). Broadcast Networks, yaitu; Packet radio networks, Satellite networks, Local networks.                 Switched Communication Networks, data dikirim dari sumber ke tujuan melalui serangkaian
           node-node perantara. Node-node perantara hanya berperan dalam membentuk hubungan           dan tidak berurusan dengan isi informasi yang dilewatkan. 

7. Perangkat keras untuk membangun sebuah jaringan 



     1). File Servers 

                   Hasil gambar untuk file server


                           
         Sebuah file server merupakan jantungnya kebanyakan Jaringan, merupakan komputer yang       sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas besar,               dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk           didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan. 

      2). Workstations 

             Hasil gambar untuk Workstations network
            
         Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan disebut sebagai                workstation Sebuah workstation minimal mempunyai Kartu jaringan, Aplikasi jaringan              (sofware jaringan), kabel untuk menghubungkan ke jaringan, biasanya sebuah workstation        tidak begitu membutuhkan Floppy karena data yang ingin di simpan bisa dan dapat                  diletakkan di file server.

      3). Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet 

            Hasil gambar untuk Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet
            Kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial              ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC,              dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45.

      4). Hub/Konsentrator 

            

                

           Sebuah perangkat yang menyatukan kabelkabel network dari tiap-tiap workstation, server           atau perangkat lain. 

      5). Switch 

            

           Sebuat perangkat yang memfilter dan meneruskan paket data antar segmen LAN. Switch           beroperasi pada layer data link (layer 2) dan terkadang pada layer network (layer 3) untuk           mensupport paket protocol. LAN yang menggunakan switch untuk menggabungkan                     beberapa   segmen disebut switched LAN. 

      6). Bridges / Jembatan 

             
           
           Sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan jaringan untuk kedalam dua buah               jaringan, ini digunakan mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan             network sangat cepat makanya di perlukan jembatan. 
      7). Router 

            

                

           Perangkat yang menghubungkan beberapa LAN. Router menggunakan header dan                     forwarding table untuk menentukan ke mana paket data dikirim, dan menggunakan protocol         ICMP (Internet  Control Message Protocol) untuk berkomunikasi satu sama lain dan                     mengkonfigurasi router terbaik di antara dua host. Router tidak memperhatikan tipe data             yang dilewatkan. 

       8) Repeaters
           
               

           Repeater adalah piranti yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal atau               isyarat yang melewatinya, Dua sub jaringan yang dilewatkan pada repeater memiliki protokol       yang sama untuk semua lapisan. 

8. Proses untuk tersambung kelayanan internet yang dilakukan oleh ISP
     

     Untuk tersambung ke jaringan internet, pengguna harus menggunakan layanan khusus yang disebut ISP (Internet Service Provider). Media yang umum digunakan adalah melalui saluran telepon (dikenal sebagai PPP, Point to Point Protocol). Pengguna memanfaatkan komputer yang dilengkapi dengan modem (modultor and demodulator) untuk melakukan dialup ke server milik ISP. Begitu tersambung ke server ISP, computer si pengguna sudah siap digunakan untuk mengakses jaringan internet. Pelanggan akan dibebani biaya pulsa telepon plus layanan ISP yang jumlahnya bervariasi tergantung lamanya koneksi.























s
         

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengkonfigurasi FTP pada Windows Server 2012