KONFIGURASI PLESK PADA WINDOWS SERVER 2016

 Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hai.... kali ini saya akan membahas tentang Konfigurasi Control Panel Plesk pada windows server 2016, sebelum kita lanjut kalian tahu gasih apa itu Plesk?

Plesk merupakan Control panel yang tersedia untuk Windows dan Linux. Panel ini termasuk panel yang populer bagi penyedia hosting Eropa. Jika anda pengguna windows, Plesk merupakan pilihan yang tepat. 

Sebelumnya sama seperti mengkonfigurasi Zpanel, kita harus pastikan bahwa kita sudah menginstall DNS server pada windows server kita.

Bahan/alat yang dibutuhkan :

1. VirtualBox

 


2. ISO Windows Server 2016


Nah yu langsung saja kita ke langkah-langkahnnya :

1. Pertama kunjungi terlebih dahulu https://www.plesk.com/, lalu klik Try For Free.  

Kemudian daftar dengan masukkan nama pertama dan nama terakhir kalian, lalu email kalian, pengalaman kalian di dunia IT dan asal negara kita.

 


 

2. Kemudian scroll kebawah sampai menemukan gambar seperti dibawah, centang pada kolo I'm not a robot untuk memverifikasi bahwa, jika sudah klik tombol Get License Key.

 

 

3. Apabila sudah, selanjutnya kita ke email dan verifikasi bahwa email yang digunakan benar atau tidak, klik seperti gambar dibawah yang sudah ditandai.


 

4. Dan tunggu hingga kita mendapatkan License Key dari plesk, jika sudah scrool kebawah sampai menemukan seperti gambar dibawah.


 

5. Jika sudah selesai proses downloadnya jalankan saja programnya.

 

 

6. Selanjutnya kalian masuk ke browser anda kemudian kalian kunjungi http://localhost:8447, lalu isi Username dan Password dari mesin Windows Server kita.

 


7. Klik pada Install or Upgrade Software.

 


8. Centang opsi Plesk, lalu pilih versi yang Obsidian kemudian klik Continue.

 

 

9. Tunggu hingga proses donwloadnya selesai.

 

 

 

10. Apabila sudah selesai kalian pilih Installation type nya Recommended dan centang pada opsi Preview Component Selection untuk melihat komponen komponen yang dipilih. Jika sudah klik Continue.

 

 

11. Dan scroll kebawah saja sampai kalian menemukan tombol Continue lalu klik tombol tersebut.

 

 

12. Isi saja password administrator yang akan digunakan oleh Plesk. Jika sudah klik Continue untuk menginstall Plesk-nya.

 



13. Tunggu sampai proses installasi-nya selesai.

 


14. Jika sudah selesai, kita klik OK saja.

 

 

 

Verifikasi

 

1. Dan setelah selesai installasi maka akan ada Plesk Obsidian pada desktop kita. lalu klik klik saja Plesk Obsidian.

 

 

 

2. Dan langsung saja kita ke browser dengan alamat https://localhost:8443. klik pada Tingkat Lanjut lalu Terima Resiko dan Lanjutkan untuk melanjutkan ke halaman login plesk.

 

  

 

3. Masuk dengan Username dan Password  windows server kita, pilih bahasa yang akan di gunakan. Lalu klik Log In.

 

  

4. Dan disini kita akan diminta mengisi beberapa data. Isilan Contact Name dengan Administrator kemudian tentukan Password untuk masuk ke plesk nantinya. Setelah itu klik pada opsi Proceed with a full-featured trial license karena kita hanya punya Trial license (batas waktu trial 15 Hari).

 


5. Tunggu hingga prosesnya selesai.

 


6. Kita akan masuk ke Plesk awal dan kita perlu untuk menambahkan Domain yang akan kita gunakan. Klik pada tombol Add Domain untuk menambahkan Domain kita di dalam Plesk.

 


7. Isi pada kolom Domain Name dengan domain milik kita, lalu isikan Username dan Password yang akan kita gunakan. Dan akan muncul tampilan Hallo! atau berhasil.

 

8. Jika sudah berhasil maka akan ada status Active.

 


9. Lalu klik Preview.

 


 

10. Jika sudah akan muncul seprti dibawah ini lalu klik Login in to Plesk.

 


11. Terakhir masuk ke menu login Plesk lagi menggunakan domain kita daripada localhost, kunjungi https://hello.net:8443 (https:[Domain Kita]:8443).

 


 

Nah jadi itu dia langkah-langkahnya... sekian dari saya 

wassalamu'alaikum Wr.Wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengkonfigurasi FTP pada Windows Server 2012